Friday, May 24, 2024
spot_img
HomeSportMenpora: Hasil Asian Games Hangzhou Bahan Evaluasi Menuju Olimpiade Paris 2024

Menpora: Hasil Asian Games Hangzhou Bahan Evaluasi Menuju Olimpiade Paris 2024

INAKINI.COM – Kontingen Indonesia pulang membawa 7 medali emas, 11 perak, dan 18 perunggu dan berada pada urutan ke-13 Asian Games 2022 Hangzhou.

Hasil ini sedikit berada di bawah target Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia (Kemenpora) yaitu peringkat ke-12 dengan 8 medali emas.

“Saya ucapkan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia dan Bapak Presiden Joko Widodo, karena target beliau 10 besar,” ujar Menpora Dito Ariotedjo pada Senin (09/10).

Dito menegaskan, hasil Asian Games Hangzhou ini akan menjadi evaluasi untuk menuju ke Olimpiade Paris 2024. Dito mengatakan akan bertemu dengan pengurus masing-masing cabang olahraga (cabor) untuk membahas masalah tersebut.

“Nanti kita evaluasi total seluruh cabang olahraga di Asian Games dan akan kita analisis bagi yang meleset dari target. Kita harus duduk bersama dan mencari solusi apa yang terbaik,” tegasnya.

Senada, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengatakan perlu adanya upaya lebih optimal untuk persiapan menuju Olimpiade Paris.

“Kita mendapat banyak referensi dari Asian Games untuk bahan evaluasi menuju Paris. Pulang dari sini, kita harus duduk bersama dan mengevaluasi perbaikan-perbaikan yang perlu kita lakukan. Olimpiade Paris tinggal satu tahun lagi dan kualifikasi sudah berjalan, kita harus mengoptimalkannya,” kata Okto.

Sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang juga merupakan Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Asian Games 2022 Hangzhou mengatakan perlu adanya perbaikan dari segi sarana dan program menuju Olimpiade Paris 2024.

“Evaluasinya kita perlu di cabor, pemerintah yang bertanggung jawab harus ditingkatkan, pertama sarana dan program. Setahu saya anggaran tidak jadi soal. Progam harus dievaluasi, karena anggaran juga pasti menyesuaikan program. Ini yang harus dibenahi jika sasaran kita mau Olimpiade. Saya akan berbicara dengan Kemenpora dan Kemenkeu (Kementerian Keuangan Indonesia),” kata Basuki.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments