Thursday, April 25, 2024
spot_img
HomeAutomotiveUji Emisi Motor, Ini Cara Agar Lolos Inspeksi

Uji Emisi Motor, Ini Cara Agar Lolos Inspeksi

INAKINI.COM – Uji emisi motor dan juga kendaraan roda empat masih gencar dilakukan Pemerintah Provinsi DKI JAkarta. Beberapa metode uji emisi selalu menjadi perhitungan bagi pengendara dan pengemudi di Jakarta. Karena proses dari uji emisi kendaraan inilah menjadi satu syarat mutlak untuk bisa menekan polusi udara.

Tidak sedikit keluhan terjadi saat uji emisi motor yang mana kerap kali memberi polemik dari prosesnya yang berbelit atau hasil yang tidak selalu bagus.

Apalagi sekarang Pemprov DKI Jakarta sekarang masih gencar untuk melakukan penilangan bagi pengendara yang tidak lolos uji emisi.

Tetapi, sekarang Anda bisa sedikit lebih tenang karena ada beberapa cara agar bisa lolos uji emisi yang ternyata cukup mudah.

Baca Juga : Mulai 2024 Pertalite Akan Dihapus, Pertamina Alihkan Subsidi ke Pertamax Green 92

Trik Agar Lolos Inspeksi Uji Emisi Motor

Secara bertahap beberapa opsi pengujian emisi terus diperhitungkan. Apalagi dari lolosnya inspeksi ini membutuhkan beberapa trik yang perlu Anda cermati seperti berikut:

Melakukan Perawatan Rutin

Adanya perawatan rutin seperti mengganti oli mesin, kemudian pengecekan kondisi karburator menjadi kunci dasar agar bisa lolos uji emisi. Oleh sebab itu, sistem mesin 4 tak pada sepeda motor perlu perawatan agar bisa ramah lingkungan dan juga memberi poin penting pada menjaga kualitas gas emisi tetap ramah lingkungan.

Baca Juga : Menperin Terbitkan SE Pengendalian Emisi Gas Buang Sektor Industri di Jabodetabek

Sebisa Mungkin Hindari Asap Putih

Tentu saja, dari menghindari asap putih menjadi sebuah konteks penting yang sebisa mungkin Anda pahami. Sebab, pada inseksi atau proses uji emisi motor akan melihat kualitas asap pembuangan dari knalpot. Sehingga pembakaran mesin motor yang mengalami kebocoran akan menimbulkan asap putih. Jika terjadi kepulan asap putih, bisa dipastikan proses pengujian emisi tidak akan lolos.

Menghindari Asap Hitam

Selain asap putih, Anda juga perlu memperhatikan asap hitam. Indikator awal terlihat adanya kerak karbon di ruang bakar. Tetapi, solusinya sangat mudah yakni membersihkan kerak menempel di dalam head cylinder.

Baca Juga : Semester I 2023, Bukit Asam (PTBA) Cetak Laba Bersih Sebesar Rp 2,8 Triliun

Cek Atau Ganti Busi

Secara teknisnya, penggantian busi menjadi satu bagian penting yang sekarang bisa Anda cermati. Sebab, kualitas ruang bakar mesin bisa maksimal jika kualitas busi menjadi pertimbangan yang harus dalam kondisi aman dan bekerja maksimal.

Rutin melakukan servis sepeda motor menjadi pertimbangan utama, tetapi masalah polusi udara dan juga uji emisi motor perlu Anda cermati kembali agar perawatan jangan sampai lalai.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments