Monday, April 29, 2024
spot_img
HomeNewsPemerintah Serius Tangani Bencana Kekeringan di Papua Tengah

Pemerintah Serius Tangani Bencana Kekeringan di Papua Tengah

INAKINI.COM – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas (ratas) yang membahas mengenai penanganan bencana kekeringan di Papua Tengah, khususnya di tiga distrik di Kabupaten Puncak Jaya, Kamis (10/09) di Istana Merdeka, Jakarta.

Ketiga distrik yang terdampak kemarau berkepanjangan sejak bulan Juni 2023 tersebut yaitu Distrik Agandugume, Distrik Lambewi, dan Distrik Oneri.

“Tadi kita dipanggil oleh Bapak Jokowi untuk mengadakan rapat internal membahas tentang penanganan wabah kekeringan di wilayah Papua, yang lebih pastinya yaitu di Distrik Agandugume, kemudian Lambewi, dan Oneri,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Presiden memerintahkan jajaran terkait untuk membangun lumbung pangan di Agandugume dan Sinak.

“Untuk jangka pendek, itu akan membangun gudang stok pangan di dua tempat, yaitu di Agandugume dan di Sinak,” ujarnya.

Muhadjir mengatakan, pengiriman bahan makanan ke Agandugame selama ini sering terhambat karena cuaca dan letak geografisnya yang berada di ketinggaan 9.000 jaki

“Tidak semua pilot punya sertifikat untuk bisa mendarat di situ. Karena itu, sementara ini pilihannya di samping ada yang dikirim ke Agandugume langsung, tapi ada yang berhenti di Sinak,” imbuhnya.

Selain itu, dalam jangka menengah pemerintah juga akan segera memperpanjang runway di Bandar Udara (Bandara) Sinak sehingga dapat didarati oleh pesawat berbadan lebih lebar, seperti pesawat hercules.

“Kalau nanti pesawat hercules sudah bisa mendarat di Sinak, nanti bukan hanya bahan pangan saja yang bisa diangkut, tapi termasuk material untuk pembangunan infrastruktur, terutama untuk jalan,” kata Muhadjir.

Distribusi logistik ke Sinak, imbuh Muhadjir, juga dapat dilakukan melalui Jayapura dan Wamena sehingga dapat menekan biaya transportasi.

Muhadjir mengatakan, saat ini infrastruktur jalan dari Sinak menuju Agandugume belum memadai sehingga menyulitkan untuk pendistribusian bantuan. Oleh karena itu, dalam jangka panjang pemerintah juga akan membangun jalan yang menghubungkan dua distrik tersebut.

“Tadi sudah mendapatkan arahan dari Bapak Presiden, jalannya akan melalui Jayapura-Wamena. Wamena kemudian nanti sampai ke Sinak itu akan melewati beberapa distrik, termasuk distrik Ibu Kota Puncak Jaya, yaitu Distrik Mulia sampai nanti ke Sinak, kemudian juga Sinak ke Agandugume daratnya juga akan dibangun,” ujarnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments