Saturday, May 4, 2024
spot_img
HomeBUMNWamen BUMN Ungkap Ada Salah Desain LRT Jabodebek

Wamen BUMN Ungkap Ada Salah Desain LRT Jabodebek

INAKINI.COM – Wakil Menteri (Wamen) BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengungkap ada kesalahan desain rel LRT Jabodebek yang dilakukan oleh PT Adhi Karya Tbk (Adhi), selaku salah satu kontraktor proyek tersebut.

Tepatnya di bagian jembatan rel atau longspan yang membentang dari arah Jalan Gatot Subroto (Gatsu) menuju Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko itu menyebut, LRT tidak bisa melaju dengan cepat saat melewatinya.

“Kalau lihat longspan dari Gatot Subroto ke Kuningan kan ada jembatan besar, itu sebenarnya salah desain, karena dulu Adhi sudah bangun jembatannya, tapi dia enggak ngetes sudut kemiringan keretanya,” kata Tiko dalam acara “InJourney Talks” pada Selasa (1/8).

Wamen BUMN menjelaskan, longspan itu kurang lebar sehingga tidak bisa menampung body LRT saat berbelok. Sehingga kalau lewat longspan LRT harus berjalan sangat pelan agar tidak terlalu melengkung dan bergesekan dengan pagar pembatas longspan.

“Jadi sekarang kalau belok harus pelan sekali, karena harusnya itu lebih lebar tikungannya. Kalau tikungannya lebih lebar, dia bisa belok sambil speed up. Tapi karena tikungannya sekarang sudah terlanjur dibikin sempit, mau enggak mau keretanya harus jalan hanya 20 km per jam, pelan banget,” jelasnya.

Ia juga menyoroti tidak adanya integrator dalam proyek itu. Enam pekerjaan yang ada digarap masing-masing oleh perusahaan yang ditunjuk.

Diantaranya PT Adhi Karya (Persero) Tbk yang mengerjakan prasarana seperti rel, jembatan, dan stasiun Kemudian pembuatan kereta oleh PT INKA (Persero), software development oleh Siemens, dan sistem persinyalan oleh PT Len Industri (Persero).

“Di semua proyek besar itu ada sistem integrator, tapi ini enggak ada. Jadi semua komponen proyek itu berjalan liar tanpa ada integrator di tengah,” ujarnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments