Sunday, April 21, 2024
spot_img
HomeAutomotivePemerintah Gratiskan Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung 3 Bulan

Pemerintah Gratiskan Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung 3 Bulan

INAKINI.COM – Ada kabar terbaru dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Menteri Perhubungan Indonesia (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan akan menggratiskan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bagi masyarakat saat uji coba Juli hingga Oktober. Namun, tidak semua masyarakat bisa mendapatkan tarif gratis.

“Penumpang belum dikenakan tarif. Gratis sampai Oktober. Nanti penumpangnya akan dipilih,” kata Budi di Stasiun Halim KCJB, Kamis (22/6).

Terkait izin operasi KCJB, Budi mengatakan akan diterbitkan paling lambat 1 Oktober 2023. Budi mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Prancis untuk melakukan pengamatan terhadap KCJB.

“InsyaAllah izin operasi akan kita terbitkan sebelum atau paling lambat 1 Oktober. Kalau mungkin kita lakukan sebelum 18 Agustus, kita lakukan,” kata Budi.

Senada dengan Menhub, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memposting cuitan bahwa dalam rangka uji coba, pihaknya menggratiskan layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk publik selama tiga bulan.

“GRATIS selama tiga bulan pertama untuk masyarakat yang ingin mencoba Kereta Api Cepat Jakarta Bandung, dari 18 Agustus sampai (18) Oktober (2023),” kicau Emil, begitu sapaan akrabnya, di akun Twitter pribadi, Kamis, 22 Juni 2023.

Ia menyambung, “Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Pak Luhut Pandjaitan menyetujui gagasan ini saat diusulkan ketika mengetes kecepatan kereta cepat ini. 354 km/jam adalah kecepatan tadi siang saat mengetes kereta cepat ini. Luar biasa. Halim-Padalarang hanya 20-an menit.”

“Siang tadi, kami memulai perjalanan dari Jl. Sudirman Jakarta, kita naik LRT ke Halim. Halim Padalarang dengan kereta cepat, dan dari Padalarang ke pusat kota Bandung naik kereta feeder, atau lanjut ke stasiun akhir Tegal Luar,” sebut Gubernur Jawa Barat.

“Doakan proses pengetesan lancar dan akhirnya kemajuan infrastruktur transportasi ini bisa kita gunakan bersama-sama. Tahap 2 adalah Bandung – Kertajati – Yogya – Solo – Surabaya. Studi kelayakan disepakati untuk segera dilakukan. Hatur nuhun,” tandasnya.

Sebelumnya, Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, menyebut bahwa tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung nantinya akan dibanderol Rp350 ribu/penumpang. Angka ini membuatnya disebut “bakal diminati,” karena mampu bersaing dengan moda transportasi lain.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments