Saturday, April 27, 2024
spot_img
HomeInternationalKapal Selam Wisata 'Titanic' Hilang di Samudra Atlantik, Operasi Pencarian Berlangsung

Kapal Selam Wisata ‘Titanic’ Hilang di Samudra Atlantik, Operasi Pencarian Berlangsung

INAKINI.COM – Kapal selam wisata yang hilang saat menyelam menuju bangkai kapal Titanic, dengan lima orang di dalamnya, memiliki sisa pasokan udara kurang dari 30 jam, ungkap Penjaga Pantai AS.

Kontak dengan kapal selam kecil ‘Titan’ itu hilang sekitar satu jam 45 menit setelah menyelam ke dasar laut di lepas pantai Newfoundland, Kanada, pada Minggu (18/6).

Misi pencarian terus berlanjut, dan Departemen Pertahanan Nasional Kanada mengatakan sejumlah kapal sedang dalam perjalanan menuju lokasi.

Sebuah kapal Angkatan Laut Kerajaan Kanada yang dilengkapi dengan ruangan terapi hiperbarik juga dilibatkan.

Juru bicara Penjaga Pantai, Kapten Jamie Frederick mengatakan dalam jumpa pers bahwa pencarian kapal yang hilang itu “sangat rumit”, dan tim bekerja sepanjang waktu.

Ada lima orang di dalam kapal selam OceanGate.

  1. Pengusaha Inggris keturunan Pakistan, Shahzada Dawood, 48 tahun.
  2. Putranya yang berumur 19 tahun, Suleman.
  3. Pengusaha yang akrab dengan dunia penjelajahan asal Inggris, Hamish Harding, 58 tahun, juga berada di dalamnya.
  4. Paul-Henry Nargeolet, 77 tahun, eks penyelam Angkatan Laut Prancis yang telah menjelajahi bangkai kapal Titanic, juga ikut di dalamnya.
  5. Stockton Rush, 61 tahun, Kepala Eksekutif OceanGate ikut pula dalam kapal selam tersebut.

Sebelumnya, perusahaan wisata OceanGate mengatakan semua opsi sedang dieksplorasi demi menyelamatkan lima orang di dalamnya.

Tiket berharga $250.000 (atau sekitar Rp2,7 miliar) untuk perjalanan selama delapan hari, termasuk menyelam ke bangkai kapal Titanic di kedalaman 3.800 meter.

Berbagai instansi pemerintah, Angkatan Laut AS dan Kanada, serta sejumlah perusahaan komersial di bidang kelautan ikut membantu operasi penyelamatan, kata para pejabat.

Bangkai kapal Titanic terletak sekitar 700km di selatan St John’s, Newfoundland, walaupun misi penyelamatan dijalankan dari Boston, Massachusetts.

Kapal selam yang diyakini hilang adalah kapal selam Titan milik OceanGate.

Kapal selam seukuran truk yang menampung lima orang dan biasanya menyelam dengan pasokan oksigen darurat selama empat hari.

Pada Senin sore (19/6), Laksamana Muda John Mauger dari Penjaga Pantai AS mengatakan dalam jumpa pers: “Kami mengantisipasi upaya pencarian dalam waktu antara 70 dan 96 jam yang tersedia saat ini.”

Dia juga mengatakan bahwa sebuah kapal selam dan pelampung sonar diluncurkan dalam upaya pencarian kapal selam tersebut.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments