Thursday, May 2, 2024
spot_img
HomeTechnologyMahfud MD: Peluncuran SATRIA-1 Ratakan Akses Internet, Tak Ada Kaitan Korupsi BTS

Mahfud MD: Peluncuran SATRIA-1 Ratakan Akses Internet, Tak Ada Kaitan Korupsi BTS

INAKINI.COM – Satelit Republik Indonesia 1 (SATRIA-1) resmi meroket dari langit Florida, Amerika Serikat. Nantinya, satelit tersebut disinyalir bakal meratakan akses internet ke seluruh pelosok tanah air.

Hal tersebut diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia (Menkominfo) Mahfud MD dalam unggahan Instagram pribadinya.

“Alhamdulillah, Satelit Republik Indonesia 1 atau SATRIA-1 sukses meluncur ke angkasa pada pukul 18.21 waktu Florida Amerika Serikat, atau jam 05.21 WIB tadi,” ujar Mahfud, Senin (19/6).

Satelit internet pertama milik Indonesia ini, kata Mahfud, diluncurkan oleh roket Falcon 9 milik Space X dari landasan Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

Plt Menkominfo berharap, nantinya pemerataan akses internet ini, mampu memberikan akses lebih layak terhadap keperluan pendidikan, pelayanan hingga kesehatan.

“SATRIA-1 diharapkan akan meratakan akses internet, terutama untuk keperluan pendidikan, kesehatan, dan layanan pemerintah untuk masyarakat di berbagai wilayah tanah air, khususnya di daerah tertinggal, terdepan, dan terpencil,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mahfud MD menegaskan bahwa Satelit Satria tak ada kaitannya dengan proyek BTS 4G BAKTI Kominfo yang telah menjadi perkara korupsi di Kejaksaan Agung (Kejagung).

Pernyataan Mahfud, sekaligus menepis isu proyek SATRIA-1 bakal mangkrak akibat kasus dugaan korupsi proyek BTS 4G BAKTI Kominfo.

“Tadi banyak juga yang nyebut soal Satria, (Satelit) Satria itu tidak ada kaitannya dengan BTS. Kan kemarin beredar isu ya, itu satria menjadi sia-sia, mubazir,” terang Mahfud dalam raker bersama Komisi I DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (5/6).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments