Friday, April 19, 2024
spot_img
HomeSportGubernur Bali Koster: World Beach Games 2023 Tanpa Kehadiran Israel

Gubernur Bali Koster: World Beach Games 2023 Tanpa Kehadiran Israel

INAKINI.COM – Teka-teki pelaksanaan ANOC World Beach Games 2023 yang sempat diprediksi batal digelar di Bali lantaran keikutsertaan atlet Israel di multiajang olahraga pantai itu akhirnya terjawab. Gubernur Bali Wayan Koster memastikan AWBG digelar di Bali.

Hal itu disampaikan I Wayan Koster usai melakukan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia (Menpora) Dito Ariotedjo dan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC) Raja Sapta Oktohari pada pada Jumat (14/4) di Jayasabha, Denpasar, Bali.

Gubernur Bali I Wayan Koster menegaskan, amanat dan kewibawaan konstitusi Undang-undang (UUD) Negara Republik Indonesia 1945 harus ditegakkan dalam penyelenggaraan World Beach Games 2023 di Bali.

“Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Artinya penyelenggaraan World Beach Games 2023 di Bali dilaksanakan tanpa kehadiran tim Israel,” kata Koster dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/4).

Dia memastikan masih menolak kehadiran Israel dalam ANOC World Beach Games 2023 di Bali, 5-12 Agustus mendatang, meski sudah melakukan pertemuan dengan Menpora Dito Ariotedjo.

Gubernur Koster mengatakan hal itu untuk merespons berita yang sebelumnya beredar bahwa Gubernur Bali 1000 persen mendukung World Beach Games 2023 meski ada Israel.

“Saya tegaskan berita ini tidak benar, sikap saya tetap konsisten menolak kehadiran tim Israel dalam ANOC World Beach Games di Bali tahun 2023,” ujar Koster.

Gubernur Koster juga menegaskan siap mendukung penuh penyelenggaraan ANOC World Beach Games di Bali tahun 2023 agar berjalan lancar dan sukses namun, “Sepanjang sesuai kesepakatan tanpa kehadiran tim Israel.”

“Alhamdulillah sudah ada satu pertemuan dan juga kesepakatan bahwa Pemprov Bali dan Gubernur 1.000 persen mendukung penyelenggaraan perhelatan dunia ANOC World Beach Games yang kedua ini,” kata Menpora.

Terkait kehadiran kontingen Israel di ANOC World Beach Games 2023, Dito Ariotedjo mengatakan detailnya akan diumumkan pekan depan.

“Itu kita akan ada pengumuman di Minggu depan. Jadi ikuti aja resminya, yang pasti kita tidak akan keluar dari konstitusi. Tenang, pokoknya kita ikut aturan dan konstitusi,” ujar Dito.

2nd ANOC World Beach Games 2023 Bali akan diselenggarakan mulai 5-12 Agustus. Multievent akan diikuti oleh sekitar 1.600 atlet lebih dari 130 negara. Mereka yang akan tampil nanti harus melalui proses kualifikasi ketat hingga Juli 2023.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments