Thursday, April 18, 2024
spot_img
HomeFinanceMenkeu Ajak Masyarakat Investasi di Surat Berharga Negara (SBN) Ritel

Menkeu Ajak Masyarakat Investasi di Surat Berharga Negara (SBN) Ritel

INAKINI.COM – Menteri Keuangan Indonesia (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengajak masyarakat Indonesia untuk gemar berinvestasi dengan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau yang biasa dikenal dengan sukuk negara.

“Kalau Anda ingin instrumen yang sifatnya konvensional, kita juga memiliki Surat Berharga Negara yang sifatnya ritel dan bahkan sekarang kita bisa pasarkan, dan oleh karena itu Anda semuanya bisa membeli secara online,” ungkap Menkeu dikutip dari channel YouTube DJPPR Kemenkeu pada Jumat (24/3/2023).

Sukuk Negara ini diterbitkan dengan tujuan membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), termasuk membiayai pembangunan proyek milik negara.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) – Kementerian Keuangan Indonesia (Kemenkeu) pada Selasa (28/2) mengumumkan kupon (imbal hasil) Sukuk Negara Ritel (SR) atau Sukuk Ritel seri SR018 yakni ​SR018-T3 atau tenor 3 tahun sebesar 6,25% dan SR018-T5 atau tenor 5 tahun 6,4% per tahun. Imbalan SR018 itu sangat menarik, jika dibandingkan rata-rata bunga deposito saat ini.

Kupon SR018 bersifat fixed rate, atau tetap hingga jatuh tempo. Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis Syariah seri pertama di 2023 ini istimewa karena menawarkan dua kupon untuk dua jangka waktu (tenor) berbeda.

Dibandingkan suku bunga acuan Bank Indonesia, yakni BI 7 Days Reverse Repo Rate yang saat ini di level 5,75%, maka selisih imbal hasil (spread) SR018 tenor 3 tahun dengan BI Rate ialah 50 basis poin atau 0,5%. Adapun spread imbal SR018 tenor 5 tahun dengan BI Rate ialah 65 basis poin atau 0,65%.

Keputusan pemerintah menetapkan kupon SBN Ritel seri kedua di 2023 ini didasarkan pada beberapa pertimbangan, yakni suku bunga acuan Bank Indonesia saat penetapan kupon, imbal hasil obligasi acuan pemerintah yang berlaku di pasar untuk tenor yang sama, serta kondisi pasar global maupun domestik.

Masa penawaran Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis Sukuk Ritel (SR) seri SR018 tinggal 5 hari lagi atau berakhir pada 29 Maret 2023.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments