Friday, March 29, 2024
spot_img
HomeAutomotive4 Jenis Transmisi Mobil Matic yang Harus Anda Pahami Cara Kerjanya

4 Jenis Transmisi Mobil Matic yang Harus Anda Pahami Cara Kerjanya

INAKINI.COM – Berbicara dari sisi jenis transmisi mobil matic dengan semua keunggulannya bisa dipastikan memiliki banyak karakter.

Penggunaan jenis transmisi mobil matic hingga sekarang memberi kenyamanan bagi pengemudi. Akan tetapi Anda perlu melihat kembali bahwa dari penggunaan transmisi mobil matic memiliki beberapa jenis dan cara kerjanya harus Anda ketahui.

Bisa kita lihat bahwa dari penggunaan transmisi mobil metik saat ini memang beri banyak manfaat. Tetapi Anda perlu tahu seperti apa jenis transmisi mobil matic yang tersedia dan bisa tahu bagaimana cara kerjanya.

Jenis Transmisi Mobil Matic yang Wajib Anda Pahami Cara Kerjanya

Kami telah merangkum dari berbagai sumber bahwa ada beberapa tipe transmisi mobil jenis matic dengan karakter ataupun cara kerjanya seperti berikut:

  • Hydraulic Automatic Transmission (AT)

Dari jenis tranmisi AT ini memakai torque converter sebagai cara megurab gaya tenaga mekanis mesin hingga menjadi energi gerak dan mengirimkan ke drive shaft.

Jenis transmisi ini banyak dipakai di Indonesia dan rata-rata disematkan di jenis mobil MPV.

Baca juga : Official Event Bulutangkis Denmark Open 2022 Minta Maaf, Salah Sebut Negara Juara dan Runner Up

  • Continuous Variable Transmission (CVT)

Berikutnya ada jenis transmisi mobil matic CVT. Cukup banyak jenis trans misi satu ini diterapkan produsen di setiap kendaraan.

Karakter transmisi CVT ini memiliki penggerak utama transmisi puli ataupun sabuk baja. Ada fungsi penggerak utama transmisi puli dan sabuk baja ini yang mana mampu mengatur perubahan rasio gigi disesuaikan putaran meisn.

Jenis transmisi CVT justru memiliki karakter seperti hentakan di perpindahan gigi meskipun terasa halus dan tidak terasa. Keunggulan jenis CVT ini juga lebih irit bahan bakar.

  • Dual Clutch Transmission (DCT)

Berikutnya Anda bisa memahami jenis transmisi mobil matic DCT. Kemudian karakter DCT ini memiliki perubahan mekanisme pedal kopling transmisi manual menjadi otomatis.

Kemudian hal tersebut memberi transmisi jenis satu ini yang dinilai sebagai transmisi manual yang dibuat lebih ke arah otomatis.

Penggerak dua kopling ganda yang dikendalikan komputer memberi fungsi transmisi genap dan ganjil. Kemudian transisi ini memiliki sistem komputerisasi hingga perpindahan giginya memiliki ritme tersendiri.

Baca Juga : Result Indonesia Masters 2022: Rahmat dan Pramudya Raih Gelar Juara Usai Tumbangkan Wakil China

  • Automated Manual Transmission (AMT)

Berikutnya ada AMT yang mana masuk ke transmisi manual, kemudian kontrol kopling hingga persneling yang dibuat otomatis.

Transmisi satu ini kerap dikembangkan dan diadopsi oleh Ferrari di tahun 1988.

Jenis transmisi mobil metik satu ini cenderung lebih murah dibandingkan CVT, sehingga jenis mobil dari penggunaan transmisi ini cenderung lebih terjangkau.

Keunggulan jenis transmisi AMT ini dianggap lebih hemat bahan bakar dan irit perawatan. ***

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments