Thursday, March 28, 2024
spot_img
HomeBusinessWapres Buka Kongres Halal Internasional 2022, Target 10 Juta Sertifikasi Halal Bagi...

Wapres Buka Kongres Halal Internasional 2022, Target 10 Juta Sertifikasi Halal Bagi UMK Oleh BPJPH

INAKINI.COM – Wakil Presiden Indonesia (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk mengoptimalkan sertifikasi produk halal.

Selain memberikan perlindungan umat terhadap jaminan konsumsi produk halal, kewajiban sertifikasi halal juga akan memberikan nilai tambah dalam rantai pasok halal, sehingga meningkatkan daya saing ekspor produk Indonesia, utamanya ke negara yang tergabung dalam Organisation of Islamic Cooperation (OIC) atau Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Hal tersebut disampaikan Ma’ruf Amin dalam Pembukaan Kongres Halal Internasional Tahun 2022, di Ballroom Novotel Bangka, Pangkalan Baru, Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa (14/06).

“Saya minta target sepuluh juta sertifikasi halal bagi UMK (usaha mikro kecil) oleh BPJPH agar direalisasikan, sehingga akan semakin banyak produk Indonesia yang siap mengisi pasar halal global,” ujarnya.

Wapres menilai, gelaran Kongres Halal Internasional Tahun 2022 ini menjadi momentum untuk semakin menggaungkan sistem sertifikasi produk halal.

“Kongres internasional ini juga menjadi kesempatan bagi kita untuk memperkenalkan sistem sertifikasi halal dan logo halal Indonesia,” tuturnya.

Untuk mendukung hal tersebut, Wapres menekankan, teknologi dan inovasi memainkan peranan yang signifikan, sehingga diperlukan penguatan kerja sama di bidang riset dan inovasi, khususnya terkait pengembangan produk halal.

“Saya juga mengharapkan penguatan kerja sama di bidang riset dan inovasi, baik dalam pemeriksaan kehalalan produk maupun dalam menemukan substitusi produk halal lokal, khususnya yang menggunakan teknologi mutakhir,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments