Saturday, April 20, 2024
spot_img
HomeParenting5 Cara Mudah Agar Anak Terbiasa Tidur Sendiri, Orang Tua Wajib Tahu

5 Cara Mudah Agar Anak Terbiasa Tidur Sendiri, Orang Tua Wajib Tahu

Anak-anak dengan usia 5 tahun ke atas pastinya memiliki keebiasaan untuk bisa tidur dengan ditemani orang tua. Hanya saja bertambahnya usia perlu mengurangi kebiasaan tersebut untuk dapat menumbuhkan konsep siakp mandiri.

Memang tidak mudah ketika anak-anak perlu membiasakan diri untuk bisa tidur sendiri tidak dengan orang tua diibutuhkan proses pelan-pelan untuk bisa mulai terbiasa tidur sendirian. Mungkin Anda memiliki masalah yang sama dimana anak-anak masih sulit untuk bisa tidur sendirian pada usia di atas 5 tahun. Sehingga ada perhitungan tepat dimana langkah mudah untuk anak-anak dapat terbiasa tidur sendiri tanpa ditemani oleh orang tuan seperti pada informasi berikut ini.

Baca Juga : Australia Buka Kembali Perbatasan Bagi Wisatawan Asing Mulai 21 Februari 2022

Meninggalkan Kamar Sebelum Anak Tertidur

Ada baiknya Anda bisa melakukan cara ini dimana kebiasaan dari tidur sendiri bagi anak-anak dapat dimulai dengan kebiasaan meninggalkan kamar sebelum anak tertidur. Ada baiknya Anda mengajak berdoa ataupun mematikan lampu kemudian tinggalkan anak untuk bisa tidur sendirian.

Cara ini terbilang efektif untuk bisa mengajarkan anak-anak sebagai satu cara tepat untuk dapat tidur dengan mandiri tanpa harus ditemani oleh orang tua.

Biarkan Anak Tidur Dengan Benda Kesayangan

Ada metode pengganti dimana Anda dapat memberi benda kesayangan anak-anak seperti boneka ataupun benda lainnya untuk bisa diajak tidur bersama. Anda bisa mulai menerapkan cara ini karena dianggap lebih nyaman dan lebih cepat untuk bisa tidur sendiri di kamar.

Pemilihan dari benda-benda kesayangan inilah yang semuanya bisa memberi perhatian penting untuk  dapat memberi pengalaman tidur anak lebih nyaman dan bisa diakses untuk menjadi cara agar anak-anak bisa tidur sendiri.

Lihat Juga : Menag Terbitkan Edaran Terbaru Mengenai Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan Di Masa Pandemi

Hilangkan Semua Gangguan di Kamar Anak

Secara tidak langsung ada beberapa kondisi dimana gangguan pada kamar anak seharusnya bisa dikurangi. Cara ini terbilang mudah yakni menyingkirkan benda seperti ponsel, televisi, komputer dan barang elektronik lainnya karena cenderung membuat anak-anak tidak bisa tidur.

Berikan Pujian

Jika anak Anda sudah perlahan memiliki kebiasaan tidur sendirian berikan pujian yang mana menjadi salah satu poin penting agar anak bisa tetap konsisten melakukan kebiasaan tersebut. Dalam hal ini berilah motivasi kepada anak-anak agar bisa berani kembali untuk bisa tidur sendiri di kamar tanpa didampingi orang tua.

Berikan Rutinitas Untuk Membuat Anak Merasa Nyaman

Secara tidak langsung membuat anak-anak merasa nyaman untuk bisa tidur sendirian di kamar tanpa dampingan orang tua bisa langsung dilakukan secara rutin. Maka dari itu Anda bisa membuat anak-anak merasa nyaman dengan melihat seberapa pentingnya kebiasaan dari menerapkan opsi tidur sendiri di kamar.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments