Friday, May 17, 2024
spot_img
HomeNewsVarian Covid 19 Omicron Muncul di Indonesia Untuk Pertama Kalinya

Varian Covid 19 Omicron Muncul di Indonesia Untuk Pertama Kalinya

Ancaman Covid 19 varian Omicron telah masuk ke Indonesia untuk pertama kalinya pada Rabu 15/12/2021. Hasil resmi di dalam verifikasi data varian baru Covid 19 Omicron telah disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang mana pasien varian Omicron tersebut sudah berada di Wisma Atlet Jakarta.

Kemenkes tadi malam telah menerima konfirmasi dari penularan positif Covid 19 Omicron dengan inisial N yang sudah terkonfirmasi positif di tanggal 15 Desember 2021. kemudian dari semua data juga sudah terkonfirmasi dan dihasilkan dari data sequencing omicron, ungkap Budi terhadap para wartawan.

Budi juga menambahkan bagaimana inisial N ini menjadi salah satu karyawan pembersih di Wisma Atlet, Jakarta pada 8 Desember 2021, kemudian sudah ada proses pengambilan sample secara rutin di wisma atlet dan dikirimkan ke Kemenkes untuk dilakukan Whole Genome Sequence ataupun WGS.

Terdapat 3 orang pekerja pembersih di Wisma Atlet terdampak paparan Covid 19 dan sudah dicek menggunakan PCR dengan hasil positif. Namun, untuk varian Omicron hanya 1 orang saja yang terkonfirmasi positif.

Karena itu pada tanggal 11 Desember sudah mendapat 1 positif Omicron dan 2 lainnya negatif Omicron.

Budi juga memberi kepastian bahwa tiga orang tersebut tidak menderita gejala sama sekali dan masih sehat tidak ada demam ataupun batuk. Bahkan dari ketiganya juga sudah mendapatkan proses pengetesan PCR kembali.

Kemudian dari tes pertama 8 Desember dan tes PCR kedua sudah negatif hasilnya. Budi juga memastikan bahwa pasien yang positif Covid dan Omicron tersebut sudah negatif karena melalui tahapan pengetesan PCR kembali.

Kemenkes juga masih memprediksi ada 5 orang probable Omicron di luar 3 pasien awal. Kemudian Kemenkes juga melakukan deteksi dari dua kasus WNI kembali dari Amerika Serikat, dan sekarang masih diisolasi di Wisma Atlet Jakarta.

3 kasus lainnya menjadi WNA China di daerah Manado dan sekarang sudah diisolasi kemudian dari 3 hari ke depan diharapkan sudah ada hasil dari tes PCR yang telah dilakukan di 5 orang probable omicron tersebut.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments