Saturday, May 11, 2024
spot_img
HomeParentingWaspada! Kenali Gejala Stres Pada Anak yang Orang Tua Harus Pahami

Waspada! Kenali Gejala Stres Pada Anak yang Orang Tua Harus Pahami

Kondisi mental pada usia anak-anak sering mendapat perubahan karena banyak faktor. Seringkali gejala stres pada anak masih kurang diperhatikan karena memang terlihat seperti tidak mengalami hal buruk sama sekali.

Terkadang stres pada anak bisa dari mimpi, kondisi lingkungan sekitar, kemudian bagaimana anak mendapat perlakukan dari pihak orang tua.

Karena itu, anak-anak juga masih rentan terkena stres yang mana terdapat beberapa tanda umum yang sepenuhnya harus diketahui setiap orang tua.

Susah Konsentrasi

Sampai saat ini ada banyak opsi yang bisa dilihat dari tanda-tanda stres pada anak. Dari sinilah kondisi stres sendiri akan menurunkan daya konsentrasi anak dan akhirnya tidak memperhitungkan perintah orang tua.

Dari sinilah Anda bisa melihat bahwa anak-anak sering menggunakan tatapan kosong ketika berbicara dengan orang tua. Bahkan ada penurunan dari sisi nilai akademiknya di sekolah sehingga perlu pengecekan dan melihat bagaimana dampak stres pada anak.

Cenderung Agresif

Berikutnya masih ada tanda stres pada anak-anak salah satunya cenderung agresif dan akhirnya memberi efek kurang  baik pada perilaku anak.

Seringkali gejala stres pada anak ditimbulkan karena kondisi lingkungan. Karena itu ada beberapa tindakan yang dianggap agresif diantaranya berteriak, sering membantah, memukul, menendang dan tindakan yang cenderung mengarah ke kekerasan.

Sering Merasa Takut

Mungkin Anda bisa melihat kondisi anak sering merasa takut. Dalam hal ini kondisi anak stres secara tiba-tiba harus diantisipasi.

Karena itu kondisi anak merasa takut inilah menjadi tanda awal adanya gangguan pada sisi psikologis. Terkadang anak takut berada di tempat gelap, takut ditinggal orang tua, ataupun takut menghadapi orang asing.

Sering Menyendiri

Masih ada tanda stres pada anak-anak yang harus Anda perhatikan salah satunya sering menyendiri. Dari kondisi tersebut seringkali anak-anak merasa kurang nyaman berinteraksi dengan orang sekitar.

Bahkan ada kondisi dimana anak-anak justru merasa sering kurang nyaman ketika bepergian dengan orang terdekat ataupun teman. Sehingga ada momen dimana anak-anak sering menghabiskan waktu sendirian di kamar saja.

Sulit Tidur

Salah satu tanda stres paling umum terjadi pada anak adalah kesulitan tidur. Sehingga ada kondisi dimana jam tidur anak justru bisa berkurang. Sehingga harus ada perhitungan tepat dimana anak-anak perlu mendapat panduan dan juga pendampingan agar tidak stres.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments