Thursday, May 2, 2024
spot_img
HomeNewsKonsep Utama Pengembangan Desa Wisata Menurut Menko Airlangga Hartarto

Konsep Utama Pengembangan Desa Wisata Menurut Menko Airlangga Hartarto

Sampai saat ini pengembang desa wisata saat ini terus memberi indikator adanya tingkat perekonomian cukup besar di kawasan daerah tertentu.

Ada perhitungan tepat ketika Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memberi penegasan lebih akurat bahwa dari pemerintah sendiri telah mengembangkan desa wisata sebagai satu upaya peningkatan daerah dari segi kesejahteraan masyarakat, menghapus kemiskinan, pertumbuhan ekonomi.

Selain itu konsep dari desa wisata sendiri juga dipercaya dapat mengatasi pengangguran, melestarikan alam hingga menambah sumber daya alam serta memajukan aspek budaya masyarakat saat ini.

Dilansir dari pernyataan Airlangga sendiri ada pengembangan desa wisata yang sekarang menjadi salah satu bentuk percepatan pembangunan desa secara terpadu sebagai upaya dorongan transformasi budaya, ekonomi desa, dan sosial.

Dilansir dari sambutan di Acara Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)2021, dari setiap daerah dan desa perlu melihat potensi yang dimiliki untuk bisa diangkat kemudian dikembangkan kembali sebagai satu bentuk nilai tambah dan manfaat hingga bisa menghasilkan akses produktivitas lebih tinggi dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Terkadang dari sektor pariwisata sendiri masih memberi aspek penggerak sebuah pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara hingga memberi perjalanan wisata nusantara, hingga adanya peningkatan penerimaan devisa di sektor pariwisata.

Tidak hanya itu, ketika ada peningkatan sektor pariwisata pastinya ada jumlah tenaga kerja yang ikut terserap sehingga ada kenaikan dari sistem indeks daya saing pariwisata hingga mencapai ranah global.

Airlangga juga memberi penekanan terhadap proses pengembangan desa wisata yang nantinya bisa disinergikan secara tepat mengenai 10 Destinasi Pariwisata termasuk bagaimana 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas bisa memberi perluasan terhadap nilai income daerah lebih besar dan berguna bagi masyarakat lokal.

Sampai saat ini ada catatan dari Pemerintah yang mana 1821 desa wisata di 34 provinsi di seluruh Indonesia telah memberi peluang terbaik dalam ajang ADWI 2021 tersebut. Kemudian ada angka 50 besar desa wisata terbaik yang selama ini telah mendapat penghargaan di malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 hingga mewujudkan desa wisata berkelas dunia dan berdaya saing hingga berkelanjutan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments