Thursday, May 2, 2024
spot_img
HomeNewsJumlah Penurunan PNS Terus Meningkat Setiap Tahun, Apa Faktor Penyebabnya?

Jumlah Penurunan PNS Terus Meningkat Setiap Tahun, Apa Faktor Penyebabnya?

Banyak informasi mengenai jumlah PNS aktif dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Ternyata informasi tersebut benar adanya sehingga dari pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Tjahjo Kumolo mengakui bahwa total jumlah PNS masih terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Data per Juni 2021 jumlah PNS mencapai angka 4.081.824. Tjahjo Kumolo sendiri memang mengakui hitungan tersebut valid dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan.

Dari data statistik PNS Badan Kepegawaian Negara (BKN) total jumlah PNS masih terus mengalami penurunan sejak tahun 2016 lalu.

Pada tahun 2016 diketahui jumlah PNS mencapai 4.374.341, kemudian pada tahun 2017 masih terus berkurang menyentuh angka 4.289.396 dan pada tahun 2018 ditemukan lagi angka penurunan mencapai 4.185.503.

Ada jumlah peningkatan di tahun 2019 yang mana jumlah PNS mengalami peningkatan di angka 4.189.121. akan tetapi peningkatan tersebut tidak berlangsung lama dimana tahun 2020 kembali mengalami penurunan di angka 4.168.118. Terakhir pada Juni 2021 mengalami penurunan mencapai angka 3.33 persen menjadi 4.081.824.

Dilansir dari MenPANRB, membeberkan adanya alasan kenapa penurunan jumlah PNS tersebut karena Pemerintah sendiri telah memberi aturan lebih selektif dalam melakukan rekrutmen.

Pada dasarnya proses rekrutmen inilah yang didasarkan pada aspek kebutuhan bukan pada keinginan instansi.

Jika diamati secara langsung setiap kali pembukaan pelamar PNS tentu jumahnya cukup banyak dari setiap daerah. Kemudian adanya proses ketat dan lebih selektif dari Pemerintah memberi opsi lebih detail pada semua prosesnya.

Sehingga dari setiap proses rekrutmen inilah membuat potensi dari pengembangan jumlah angka pelamar PNS ataupun PNS aktif semakin menurun.

Belum ada prediksi mengenai jumlah PNS di beberapa tahun ke depan. Bahkan ada isu dimana Pemerintah masih belum akan membuka pelamaran CPNS di tahun depan. Meskipun belum bisa dikonfirmasi valid tidaknya, tetap saja masyarakat masih menginginkan pembukaan CPNS dengan formasi lebih banyak.

Sampai saat ini ada berbagai macam data penting dimana minat dari pelamar CPNS diprediksi masih mengalami penurunan. Meskipun di beberapa derah terpencil masih ada jumlah peminat CPNS yang tidak mendapat angka pelamar sama sekali.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments