Friday, May 3, 2024
spot_img
HomeParentingCara Tepat Hindari Penyakit Cacingan Pada Anak! Jangan Sepelekan

Cara Tepat Hindari Penyakit Cacingan Pada Anak! Jangan Sepelekan

Penyakit cacingan sampai saat ini masih sering terjadi pada usia anak-anak. Kondisi lingkungan sampai kebiasaan hidup dari anak-anak perlu dipertimbangkan sebagai satu faktor kenapa infeksi telur cacing masih terjadi.

Gejala cacingan dari setiap anak bisa dipantau mulai dari sering merasa letih, terjadi sakit perut, sulit konsentrtasi, kerap merasa gatal di sekitar anus, dan beberapa lainnya.

Tentu saja ada beberapa langkah tepat untuk bisa mencegah terjadinya cacingan pada anak dengan cara sederhana seperti berikut ini.

Sebisa Mungkin Hindari Makanan Kotor

Pada skala tertentu makanan kotor menjadi sumber penyakit sekaligus sumber media telur cacing bisa masuk ke dalam tubuh. Makanan yang jatuh ke tanah ataupun dikermuni lalat menjadi potensi adanya telur cacing sehingga sebisa mungkin sediakan makanan bersih untuk anak.

Jika masih usia balita berikan pengawasan agar tidak sembarangan memasukkan benda ataupun makanan yang sudah jatuh ataupun kotor masuk ke dalam mulut.

Proses Memasak Makanan Lebih Baik dan Bersih

Bukan hanya mendapat akses dari pemilihan makanan dan juga menghindari makanan kotor saja, tetapi pada aspek pengolahan makanan juga perlu diperhitungkan. Telur cacing dan juga parasit masih bisa dimatikan di suhu tinggi.

Maka dari itui proses memasak juga perlu dicermati agar sebuah masakan benar-benar matang dan bisa mencegah anak terkena cacingan.

Rajinlah Mencuci Tangan dan Kaki Memakai Sabun

Sudah pasti kondisi anak-anak dalam bermain menjadi salah satu tolak ukur penulara telur cacing. Sehingga kebiasaan mencuci tangan dan kaki memakai sabun harus dicermati kembali dan sebisa mungkin menghindari telur cacing.

Jenis cacing tambang bisa masuk ke dalam tubuh melalui permukaan kulit, sehingga masih perlu mencegah adanya penularan dari cacing tambang dengna rutin mencuci tangan.

Memotong Kuku Anak Secara Rutin

Melihat proses dari pemotongan kuku anak saat ini harus dikontrol dan sebisa mungkin cermati dari kebiasaan ini bisa dikalukan dengan tepat dan rutin. Pada dasarnya Anda perlu melihat bagaimana hasil dari menerapkan kebiasaan menggunting kuku sesuai jadwal.

Jangan biarkan anak menggigit kuku ataupun membiarkan kondisi kuku panjang ataupun terlihat kotor karena bisa menjadi media masuknya telur cacing.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments