Friday, March 29, 2024
spot_img
HomeBUMNWika Gedung Raih Rekor MURI Atas Modular Pit Building Pada Sirkuit Mandalika

Wika Gedung Raih Rekor MURI Atas Modular Pit Building Pada Sirkuit Mandalika

PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE), memperoleh Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas keberhasilannya membangun modular pit building pada Proyek Pertamina Mandalika International Street Circuit sebagai fasilitas pembalap dan official team yang akan bertanding dalam waktu tercepat, 21 Hari!

Bangunan berbentuk pit building sepanjang 350 meter dengan kapasitas 50 garasi dibangun dengan sistem modular tersebut terdiri dari tiga lantai, masing-masing garasi memiliki lebar 5,24 meter dengan panjang 18,34 meter dan dibangun dengan luas bangunan 13.700 meter persegi.

Modular pit building ini terdiri dari tiga lantai dimana lantai dasar akan menjadi garasi yang digunakan para pebalap dan teknisi tim, lantai dua merupakan area podium, tribun penonton VVIP dan media center. Lalu, lantai tiga pit building khusus akan dibangun fasilitas-fasilitas pendukung lainnya. Saat ini, instalasi modul WEGE pada modular pit building telah seluruhnya terpasang untuk gelaran World Super Bike (WSBK) Indonesia pada 19-21 November 2021.

“Perseroan telah menjadi bagian dari sejarah di dunia konstruksi dan olahraga Indonesia sekaligus turut mensukseskan ajang balapan bertaraf International dalam waktu dekat ini dan acara lainnya di masa mendatang,” ujar Direktur Operasi I, Bagus Tri Setyana saat menerima Rekor MURI di Mandalika, Jum’at (12/11)

Manager MURI Yusuf Ngadri Senior menambahkan, pembangunan pit building di Pertamina Mandalika International Street Sircuit yang berada di kawasan destinasi pariwisata prioritas tersebut menggunakan metode konstruksi modular. Ia menyatakan, WEGE menjadi pionir konstruksi modular berhasil merampungkan pembangunan. Sebanyak 888 modul terpasang agdalam kurun waktu 21 hari, lebih cepat dari rekor pemasangan modular di rumah sakit Covid modular sebelumnya.

“Pembangunan modular pit building ini melengkapi pemenuhan persyaratan homologasi sirkuit sehingga dapat menyelenggarakan gelaran event international World Superbike pada November 2021, MotoGP serta berbagai event internasional lainnya,” ujarnya.

Sebagai informasi, sebelumnya WEGE juga sudah beberapa kali mencatatkan sejarah rekor MURI yaitu dalam membangun rumah sakit tercepat dengan menggunakan sistem modular dan rumah sakit dengan ruang rawat inap terbanyak dengan menggunakan sistem modular.

Terbaru, WEGE berpartisipasi di proyek Jakarta International Stadium yang juga mencatatkan rekor, yakni lifting struktur atap stadion dengan bobot terberat, stadion pertama yang menggunakan sistem atap buka-tutup, serta stadion green building dengan sertifikasi platinum pertama.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments