Friday, May 3, 2024
spot_img
HomePoliticsASEAN Dorong Penerapan 'Five-Point Consensus', Upaya Perdamaian Di Myanmar

ASEAN Dorong Penerapan ‘Five-Point Consensus’, Upaya Perdamaian Di Myanmar

Kegagalan Myanmar untuk bekerja sama dengan utusan khusus Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) akan mempersulit pemimpin junta negara Myanmar untuk menghadiri pertemuan puncak kelompok mereka, kata Menteri Luar Negeri Malaysia, Senin (4 Oktober 2021).

Saifuddin Abdullah dalam sebuah tweet mengatakan dia menyatakan kekecewaannya pada pertemuan rekan-rekan ASEAN-nya atas non-kerja sama dewan militer yang berkuasa di Myanmar.

Jenderal tertinggi Myanmar pada bulan April 2021 berkomitmen pada roadmap perdamaian lima langkah setelah kudeta 1 Februari 2021.

Para pemimpin Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) telah menyepakati perlunya segera dihentikannya kekerasan di Myanmar setelah pertemuan darurat di Jakarta pada Sabtu (24 April 2021).

Pertemuan yang dipimpin oleh Sultan Brunei Hassanal Bolkiah itu, juga dihadiri oleh kepala junta Myanmar Min Aung Hlaing.

Ini adalah perjalanan luar negeri pertama sang jenderal sejak kudeta 1 Februari 2021 yang menggulingkan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi. Tindakan keras Myanmar terhadap protes anti-kudeta telah menewaskan lebih dari 700 orang.

Menurut pernyataan dari Brunei, ketua ASEAN saat ini, para pemimpin mencapai konsensus pada lima poin – mengakhiri kekerasan, dialog konstruktif di antara semua pihak, penunjukan utusan khusus ASEAN untuk memfasilitasi dialog, pemberian bantuan kemanusiaan dan kunjungan oleh utusan ke Myanmar.

“Kami, sebagai keluarga ASEAN, telah berdiskusi secara dekat tentang perkembangan terakhir di Myanmar dan menyatakan keprihatinan mendalam kami atas situasi di negara ini, termasuk laporan korban jiwa dan eskalasi kekerasan,” kata pernyataan itu.

“Kami mengakui peran positif dan konstruktif ASEAN dalam memfasilitasi solusi damai untuk kepentingan rakyat Myanmar dan mata pencaharian mereka,” tambahnya.

“Kami juga mendengar seruan untuk pembebasan semua tahanan politik termasuk orang asing.”

LIMA POIN KONSENSUS

  1. Para pemimpin ASEAN menyerukan “penghentian segera kekerasan” di Myanmar, menambahkan bahwa semua pihak harus “menahan diri sepenuhnya”
  2. Para pemimpin ASEAN menyepakati untuk memulai dialog konstruktif di antara semua pihak terkait untuk mencari solusi damai demi kepentingan rakyat Myanmar
  3. Utusan khusus Ketua ASEAN akan memfasilitasi mediasi proses dialog, dengan bantuan Sekretaris Jenderal ASEAN
  4. ASEAN akan memberikan bantuan kemanusiaan melalui Pusat Koordinasi Bantuan Kemanusiaan ASEAN dalam penanggulangan bencana
  5. Utusan khusus dan delegasi akan mengunjungi Myanmar untuk bertemu dengan semua pihak terkait

Pertemuan ASEAN adalah upaya internasional terkoordinasi pertama untuk meredakan krisis di Myanmar.

Jenderal Min Aung Hlaing sebelumnya mengatakan pada pertemuan itu bahwa dia tidak menentang kunjungan delegasi ASEAN untuk membantu menyelesaikan krisis.

Dalam pertemuan tersebut, para pemimpin juga membahas pemulihan ASEAN dari pandemi Covid-19 dan upaya berkelanjutan Myanmar untuk mengatasi situasi di negara bagian Rakhine, termasuk pemulangan pengungsi dari Bangladesh.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments