Monday, April 29, 2024
spot_img
HomeNews#GirlsTakeover Kampanye Global Kepemimpinan Perempuan Di Dunia Kerja

#GirlsTakeover Kampanye Global Kepemimpinan Perempuan Di Dunia Kerja

Enam perempuan muda dari berbagai provinsi telah terpilih sebagai finalis untuk mengambil alih (takeover) posisi Menteri Badan Usaha Milik Negara dan lima Dirut BUMN selama sehari melalui #GirlsTakeover.

Selain Menteri Erick Thohir, lima pimpinan BUMN lainnya yang akan diambil alih tersebut adalah Dirut Angkasa Pura I, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Kimia Farma dan Telkomsel.

GirlsTakeover merupakan kampanye global yang diinisiasi oleh Plan International dan diselenggarakan serentak di 75 negara setiap tahunnya dalam rangka Hari Anak Perempuan Internasional (International Day of the Girls) yang jatuh pada 11 Oktober.

Tahun ini, temanya adalah kesetaraan gender dan kepemimpinan perempuan di dunia kerja dan diselenggarakan secara kolaboratif oleh Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia), Srikandi BUMN dan Kementerian BUMN sejak 17 Agustus hingga Oktober 2021.

Keenam finalis #GirlsTakeover 2021 tersebut adalah Adinda (Jawa Tengah), Arum (Sulawesi Selatan), Putri (Jawa Barat), Sharon (Jawa Barat), Sisilia (Nusa Tenggara Barat), dan Virdha (Jawa Tengah).
Mereka disaring dari lebih dari tujuh ribu pendaftar dan melewati berbagai tahapan seleksi administrasi dan tes tertulis, Girls Leadership Class, seleksi video motivasi, dan wawancara final.

“Program #GirlsTakeover ini adalah wujud komitmen Kementerian BUMN dan BUMN untuk memajukan kepemimpinan perempuan. Ini sejalan dengan semangat di BUMN untuk transformasi human capital dan kepemimpinan perempuan,” jelas Menteri BUMN Erick Thohir pada konferensi pers (27/9).

GirlsTakeover 2021 juga merupakan bagian dari rangkaian kampanye #RaisetheBar yang berlangsung hingga akhir tahun 2022. Kampanye ini ingin mendobrak norma gender dan beban ganda yang umumnya dihadapi perempuan, dengan mempromosikan narasi baru, diantaranya kesempatan memimpin yang setara bagi perempuan muda.

Rangkaian #GirlsTakeover akan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Tayangan lengkap rangkaian kegiatan ini akan tayang perdana pada 11 Oktober 2021 di YouTube Plan Indonesia dan Kementerian BUMN.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments