Monday, May 6, 2024
spot_img
HomeTravelLima Tempat Wisata Wajib Di Merauke Papua

Lima Tempat Wisata Wajib Di Merauke Papua

Merauke merupakan kabupaten paling timur di Indonesia. Letaknya berbatasan langsung dengan Papua Nugini, sehingga tempat ini menjadi titik terluar di bagian timur Indonesia.

Merauke yang merupakan Kabupaten terluas di Timur Indonesia memiliki alam yang amat luar biasa menawan.

Bandar Udara Internasional Mopah menjadi salah satu pintu gerbang untuk memasuki Merauke yang menawarkan beraneka ragam keindahan alam mulai dari Monumen Kapsul Waktu hingga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota.

Para wisatawan dapat menikmati pesona keindahan Merauke dengan mengunjungi spot-spot objek wisata disana. Berikut lima tempat wisata di Merauke Papua yang memiliki kekayaan alam dan keindahan yang tidak diragukan lagi.

  1. Monumen Kapsul

Monumen Kapsul Waktu adalah sebuah monumen yang terletak di Merauke, Papua. Sebuah monumen yang dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektare (ha) dan menjadi ikon baru di timur Indonesia.

Monumen Kapsul berada di depan Kantor Bupati Merauke dan dekat Bandara Mopah sehingga menjadi landmark baru Kabupaten Merauke yang dapat dilihat saat pesawat mendarat.

Monumen ini merupakan wadah sejarah berbentuk kapsul tempat menyimpan dokumen tulisan impian masyarakat dari setiap provinsi di Indonesia, yang diletakkan sejak 2015 dan akan dibuka lagi nanti pada 2085.

Monumen ini diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 16 November 2018 lalu.

  1. Pulau Habe

Pulau Habe yang terletak di Kampung Wambi, Distrik Okaba menyimpan keindahan alam yang mempesona.

Pulau Habe seringkali disebut-sebut sebagai Rio de Janeiro-nya Indonesia. Sebab, terdapat patung Kristus Raja yang mirip dengan Patung Yesus Kristus di Rio de Janeiro, Brazil.

  1. Taman Nasional Wasur

Taman Nasional Wasur merupakan bagian dari lahan basah terbesar di provinsi Papua. Taman ini menjadi rumah sejumlah besar flora dan fauna yang menakjubkan.

Terdapat ratusan spesies burung di taman ini. Lahan basah taman ini juga menyediakan habitat untuk berbagai spesies lobster dan kepiting. Taman Nasional ini adalah surga bagi pengamat burung.

  1. Rawa Biru

Rawa Biru yang terletak di Distrik Sota Kabupaten Merauke, sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga.

Di areal kampung wisata terdapat spot berfoto, penginapan dan jalan masuk untuk melihat pemandangan Rawa Biru yang airnya dialiri PDAM sebagai pasokan air minum masyarakat Merauke.

  1. PLBN Sota

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Kabupaten Merauke yang berbatasan langsung dengan Negara Papua New Guinea berjarak kurang lebih 90 km dari Kota Merauke.

Masyarakat atau wisatawan yang akan masuk ke PLBN Sota tidak dipungut biaya. Kecuali untuk biaya parkir kendaraan yang pengelolannya bekerja sama antara Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Merauke dan masyarakat setempat.

Di samping pintu gerbang PLBN Sota, terpampang tulisan berukuran besar 0 KM Merauke-Sabang.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments