Tuesday, April 16, 2024
spot_img
HomeTravelPT Wika Realty Lakukan Signing of Sales & Purchase Agreement Tindak Lanjut...

PT Wika Realty Lakukan Signing of Sales & Purchase Agreement Tindak Lanjut Holding Hotel BUMN

Penandatanganan Sales & Purchase Agreement (SPA) Transaksi Jual Beli Saham antara PT Wijaya Karya Realty dan PT Aero Wisata, PT Wijaya Karya Realty dengan PT Pegadaian (Persero) serta Penandatanganan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) antara PT Hotel Indonesia Natour (Persero) dan PT Wijaya Karya Realty dilaksanakan di Jakarta, Rabu (18/8).

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo menyaksikan Penandatanganan Integrasi Hotel BUMN sebagai tindak lanjut dari Komitmen Bersama Hotel BUMN pada Desember 2020 lalu.

Mewakili Wika Realty dalam penandatanganan tersebut adalah Direktur Utama Koko Cahyo Kuncoro, Direktur Utama Hotel Indonesia Natour Iswandi Said, Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto, dan Direktur Utama PT Aero Wisata Beni Gunawan. Penandatanganan tersebut turut disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, para Direktur Utama BUMN, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., dan manajemen BUMN lainnya.

Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan dalam sambutannya, “Integrasi bisnis hotel ini sejalan dengan langkah menjadikan BUMN sebagai institusi bisnis yang kompetitif sekaligus mengatur lini bisnis hotel BUMN sehingga BUMN Induk yang sebelumnya membawahi anak-anak usaha hotel dapat menjalankan bisnis sesuai bisnis inti yang dimiliki.”

Tiko, panggilan akrab Kartika Wirjoatmodjo, juga menyampaikan, “Wika Realty akan menjadi owner dari hotel-hotel milik BUMN ini dan berperan dalam pengembangan bisnis hotel-hotel tersebut, sedangkan pengelolaan atau operator hotel-hotel milik BUMN ini akan dilakukan oleh Hotel Indonesia Group yang sahamnya dimiliki oleh Hotel Indonesia Natour dan juga Wika Realty.”

Selanjutnya, Mursyid selaku Direktur HC & Pengembangan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. sekaligus Ketua Project Management Office (PMO) Holding Hotel BUMN turut menyampaikan, “Kegiatan penandatanganan hari ini menandai hampir rampungnya proses consolidation and turn around sebagai tahap 1 roadmap Holding Hotel BUMN. Selanjutnya, mewakili PMO, dalam kesempatan ini ingin menyampaikan komitmen kami untuk terus berkoordinasi dan mengimplementasi program percepatan integrasi dan peningkatan nilai hotel BUMN.”

Mursyid juga memaparkan, seluruh tim akan mempersiapkan diri untuk memasuki tahap kedua, yaitu parenting and partnership kemudian fundraising and expansion sebagai tahap terakhir dalam roadmap Holding Hotel BUMN.

Perjanjian ini merupakan bagian dari pembentukan holding hotel yang pada tahap pertama terdapat 21 hotel yang akan terintegrasi dalam pembentukan Holding Hotel BUMN. Adapun 21 hotel yang dimaksud ialah 11 hotel milik Hotel Indonesia Natour, 1 hotel milik PT Aero Wisata, dan 9 hotel milik PT Pegadaian.

Hotel Indonesia Natour memiliki 11 unit hotel dan resort di Bali, Jawa, dan Sumatera, yaitu:

  1. Inaya Putri Bali
  2. Grand Inna Kuta
  3. Grand Inna Padang
  4. Grand Inna Malioboro
  5. Grand Inna Tunjungan
  6. Grand Inna Samudra Beach
  7. Grand Inna Medan
  8. Inna Tretes
  9. Inna Parapat
  10. Inna Sindhu Beach
  11. Inna Bali Heritage

PT Aero Wisata yang merupakan anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memiliki Kila Senggigi Beach Lombok.

Sementara itu, PT Pegadaian memiliki 9 hotel yang dikelola oleh anak perusahaan, yakni PT Pesonna Indonesia Jaya yang tersebar di Makassar, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Tegal, Pekalongan, dan Surabaya.

PT Wika Realty sendiri saat ini mengelola 7 kondotel, yaitu:

  1. Best Western Premier The Hive Hotel Jakarta
  2. Best Western Papilio Hotel di Surabaya
  3. Best Western Premier La Grande Hotel di Bandung
  4. Best Western The Lagoon Manado Hotel
  5. Wyndham Tamansari Jivva Resort
  6. Golden Tulip Jineng Resort Bali, dan
  7. Kyriad Hotel Airport Tangerang
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments