Friday, September 20, 2024
spot_img
HomeBUMNRencana Menteri BUMN Dan Menparekraf Ubah BUMN Industri Perfilman PFN Menjadi Lembaga...

Rencana Menteri BUMN Dan Menparekraf Ubah BUMN Industri Perfilman PFN Menjadi Lembaga Pembiayaan Film

Menteri BUMN, Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno sepakat untuk mengubah BUMN yang bergerak di perfilman, Produksi Film Negara (PFN) menjadi lembaga pembiayaan film bagi sineas serta industri film nasional.

“PFN seperti yang sudah saya konsultasikan dengan bapak Menparekraf Sandiaga Uno sejak awal, PFN tidak boleh lagi sebagai pembuat film. Biarkan saja anak-anak muda Indonesia yang membuat film,” ujar Erick Thohir dalam seminar daring di Jakarta, Minggu (29/8).

“Salah satu kendala dalam industri perfilman di tanah air adalah faktor pendanaan maka dari itu KemenBUMN dan KemenParekraf sedang berupaya mencari model yang baik agar PFN menjadi lembaga pembiayaan film”, ujar Erick.

“Bapak Menteri BUMN Erick Thohir menyebut PFN, saya sepakat sekali bahwa PFN itu positioning-nya adalah bukan PFN berkompetisi dengan pelaku industri perfilman, namun apa yang dibutuhkan terkait kehadiran pemerintah dalam sektor film adalah pembiayaan,” ujar Menparekraf.

Terkait rencana PFN menjadi lembaga pembiayaan film, Menparekraf mendukung jika pada tahun 2022 dirinya berkolaborasi dengan Menteri BUMN Erick Thohir.

“Kolaborasi tidak hanya terjadi di dunia usaha, kolaborasi juga bisa dilakukan di pemerintahan bahwa PFN kami kasih suatu keleluasaan untuk mengelola dana pembiayaan film misalnya Rp300 miliar untuk memberikan pendanaan kepada film-film yang memiliki potensi luar biasa,” ujar Sandiaga.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments