Sunday, September 8, 2024
spot_img
HomeASEANBandara Changi Singapura Bakal Bebas Paspor Mulai 2024

Bandara Changi Singapura Bakal Bebas Paspor Mulai 2024

Para pengamat travel menyebut perjalanan tanpa hambatan telah menjadi tren di seluruh dunia dan identifikasi biometrik akan segera menjadi masa depan perjalanan.

Pada 2018, Bandara Internasional Dubai memperkenalkan terowongan biometrik “Smart Gates”, yang menggunakan pengenalan wajah untuk memverifikasi identitas wisatawan hanya dalam lima detik.

Penumpang juga diperbolehkan menggunakan sidik jari atau pemindaian wajah untuk otentikasi, dibandingkan mengandalkan paspor fisik.

Di tempat lain di dunia, teknologi pengenalan wajah sudah digunakan sampai batas tertentu seperti di Bandara Internasional Hong Kong, Tokyo Narita, Tokyo Haneda, Indira Gandhi International di Delhi, London Heathrow dan Paris Charles de Gaulle, serta bandara lainnya.

Tanda pengenal digital, sesuai dengan standar International Civil Aviation Organization (ICAO) di Aruba, memungkinkan wisatawan melakukan perjalanan menggunakan versi digital aman dari paspor mereka di ponsel.

Di AS, maskapai penerbangan besar seperti American Airlines, United, dan Delta telah bereksperimen dengan check-in biometrik, penyerahan bagasi, dan gerbang keberangkatan di bandara tertentu selama beberapa tahun terakhir.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments